Bupati Sambas Meresmikan Unit Hemodialisis, CT-Scan dan Endoscopy

Pada Hari ini Senin tanggal 26 Agustus 2019 Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, L.C. M.H. telah meresmikan Unit Hemodialisa, CT-Scan dan Unit Endoscopy di RSUD Pemangkat.

Gedung Hemodialisis ini di bangun dengan menggunakan dana BLUD RSUD Pemangkat, pada tahap ini mesin dialysis yang tersedia sebanyak 4 unit dan diperoleh melalui sistem kerja sama operasinal (KSO) dengan perusahaan Rekanan. SDM pelaksana dari unit Hemodilisis ini adalah dr. Dany Lesmana, Sp.PD selaku penanggung jawabnya, beserta TIM dan sudah dilatih dan resmi bersertifikat keahlian hemodialysis, selain itu juga telah mendapat rekomendasi dari pernefri koodinator wilayah Jakarta dengan supervisor consultanya  adalah dr. Aida Lidia, PHD, Sp.PD, KGH.

Alat yang diresmikan selanjutnya adalah Endoscopy, endoscopy merupakan suatu metode pemeriksaan dengan menggunakan alat khusus yang kemudian dimasukkan dalam rongga tubuh manusia untuk memeriksa atau mendiagnosis kelainan-kelainan yang terjadi pada saluran cerna atas dan saluran cerna bawah secara langsung. Alat ini dinilai tidak hanya dapat digunakan untuk memeriksa atau mendiagnosis ada tidaknya luka, infeksi, daging tumbuh, peradangan, dan kelainan lain yang terjadi pada saluran pencernaan saja. Pengobatan dengan sistem endoscopy juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit yang diderita pasien dengan secara langsung. Alat endoscopy ini diperoleh melalui DANA DAK Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI untuk tahun anggaran 2019. Saat ini RSUD Pemangkat sedang mengirim 2 (dua) orang staf  untuk dilatih di RSUP Sardjito Yogyakarta selama 3 bulan, untuk operator alat ini adalah dr. Achmad Hardin, Sp.Pd sendiri dan di di kabupaten Sambas baru beliau yang memliki sertifikat keahlian endoscopy ini.

Alat yang ketiga yang diresmikan oleh Bupati Sambas adalah CT-Scan (Computerized Tomography Scan).  Pemeriksaan dengan menggunakan Alat canggih ini sudah bisa dilakukan di RSUD Pemangkat yang bertujuan untuk memeriksa bagian dalam tubuh pasien. CT Scan bisa mendeteksi penyakit dengan lebih cepat dan akurat, sehingga bisa membantu penanganan pasien dengan cepat dan tepat. Selain itu, CT Scan juga aman untuk digunakan bagi siapa saja. Alat canggih ini juga sangat membantu dokter untuk melakukan langkah preventif terhadap penyakit yang diderita sang pasien. Pengadaan alat ini adalah bersumber DANA DAK Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI tahun Anggaran 2019. Alat ini akan dioperasikan oleh seorang dokter Ahli Radiologi yaitu dr. Philif Sp.Rad beserta TIM. Secara teknis alat ini sudah bisa di operasikan, namun secara administratif harus terlebih dahulu menunggu ijin operasional dari BAPETEN Jakarta, pengajuan ijin telah dilakukan dan kini hanya tinggal menunggu ijin tersebut keluar.

“Kami berharap dengan adanya penambahan Unit Layanan ini dapat berkontribusi besar dalam peningkatan pelayanan kesehatan di kabupaten Sambas ini, sehingga mampu mendekatkan pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi letak geografis kita kabupaten Sambas yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, sehingga pemerintah di tuntut untuk menyiapkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang memadai agar masyarakat yang membutuhkan tidak perlu lagi keluar ke negeri tetangga. Untuk itulah kami RSUD Pemangkat hadir dalam memenuhi harapan masyarakat Kab. Sambas melalui program inovasi, dan pengembangan yang secara terus menerus kita laksanakan seiring dengan visi dan misi Sambas Hebat” Ungkap Direktur RSUD Pemangkat dr. Achmad Hardin Sp.Pd.

dr. Achmad Hardin, Sp.Pd juga menyampaikan bahwa RSUD Pemangkat pada tahun ini sedang membangun Gedung Poli Rawat Jalan dan Kantor, Gedung Rawat Inap Perawatan Bedah, Gedung Farmasi, Gedung Loundry dan Kamar Jenazah. Dan Di rencanakan pada Tahun 2020 nanti RSUD Pemangkat akan membangun Gedung Pelayanan Terpadu 4 Lantai secara Bertahap. “Untuk itu kami mohon doa dan dukungan dari semua pihak agar semuanya berjalan dengan lancar demi kemajuan di Kabupaten Sambas tercinta” pungkas direktur RSUD Pemangkat dr. Achmad Hardin, Sp.Pd.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sambas mengungkapkan Apresiasi yang yang sangat besar kepada RSUD Pemangkat, atas peningkatan kualitas layanan dan terobosan yang dilakukan oleh jajaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pemangkat. Beliau juga berharap agar dengan adanya fasilitas pemeriksaan dan layanan kesehatan ini dapat meringankan beban masyarakat Kabupaten Sambas khususnya.