Peresmian Gedung Baru RSUD Pemangkat

Selasa, Tanggal 18 Agustus 2020 Bupati Sambas H. Atbah Romin Suhaili, LC, M.H. telah meresmikan Gedung Baru RSUD Pemangkat diantara nya Ruang ISOLASI Tekanan Negatif dan Non Negatif, Ruang Perawatan Bedah, Rawat Jalan, Farmasi, Laundry, Kamar Jenazah dan Antrian Online (SIMRS).

Peresmian Gedung Baru ini di Hadiri Tamu Undangan oleh Wakil Ketua DPRD Kab. Sambas, Kapolres Sambas, Kepala Kejaksaan Negri Sambas, Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Dewan Pengawas, beserta Anggota, Ketua Komisi IV DPRD Kab. Sambas, Camat Pemangkat, Kapolsek Pemangkat, Komandan Kompi B Yonif 645/GTY Kec. Pemangkat, Danramil Kec. Pemangkat, KacabjariKec. Pemangkat, Direktur RSUD Sambas, RS Pratama, dan RSU Elizabeth Sambas, Kepala PPN Kec. Pemangkat, Seluruh Kepala Puskesmas, Seluruh Kepala Desa Sekecamatan Pemangkat.

Gedung Baru ini di bangun menggunakan Dana DAK Kementrian Kesehatan RI. salah satunya Gedung RITN dan RITNN yang patut kita Syukuri, yang merupakan ruangan untuk merawat pasien yang memerlukan isolasi seperti COVID-19, yang mana saat ini merupakan wabah musibah sedunia.

RITN dan RITNN merupakan ruangan untuk perawatan pasien yang membutuhkan penanganan isolasi dan pengawasan yang ketat. Ruang isolasi ini di bangun sesuai dengan standar pedoman yang diterbitkan oleh Kementrian Kesehatan RI. RITN merupakan ruang isolasi dengan tekanan negatif dilengkapi kapasitas 4 unit tempat tidur, system ventelasi udara menggunakan Hepafilter, system gas medis yang tersentralisasi, 4 unit ventilator yang merupakan "ICU" nya untuk ruang isolasi, sedangkan RITNN merupakan ruang isolasi dengan tekanan non negatif, dengan kapasitas 12 tempat tidur, bedanya dengan yang RITNN adalah didalam ruangan perawatannya tidak menggunakan AC, namun ventelasi nya menggunakan system Hapafilter dan gas medis yang tersentralisasi. didalamnya sudah dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang standar untuk perawatan isolasi termasuk COVID-19. Harapan nya adalah semoga dengan adanya ruang ini mampu untuk menangani kasus-kasus penyakit yang membutuhkan perawatan isolasi di Kab. Sambas khususnya dan di Kalimantan Barat umumnya.

Selanjutnya Gedung Rawat Jalan dengan Sistem Antrian Online beserta Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang kami harapkan dapat lebih memberikan kenyamanan kepada Pengunjung RSUD Pemangkat, sehingga mampu meningkatkan pelayanan. Gedung berikutnya Ruang Perawatan Bedah, yang merupakan sarana untuk perawatan pasien kelas III khusus untuk perawatan bedah umum. Gedung Laundry, Gedung Farmasi juga sudah di manfaatkan penggunaannya, untuk Kamar Jenazah, sampai dengan saat ini, masih menunggu fasilitas dan peralatan di dalamnya.

"Kami berharap dengan adanya penambahan Unit Layanan ini dapat berkontribusi besar dalam peningkatan pelayanan kesehatan di Kab. Sambas ini, sehingga mampu mendekatkan pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat. terlebih lagi letak geografis kita Kab. Sambas yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia, sehingga pemerintah di tuntut untuk menyiapkan sarana dan prasarana pelayanan kesehatan yang memadai agar masyarakat yang membutuhkan tidak perlu lagi keluar negeri tetangga. untuk itulah kami RSUD Pemangkat hadir dalam memenuhi harapan masyarakat Kab.sambas melalui program inovasi, dan pengembangan yang secara terus menerus kita laksanakan seiring dengan visi dan misi Sambas Hebat. Sesuai dengan Motto kami keluarga besar RSUD Pemangkat yaitu "Melayani dengan Senyuman dan Sepenuh Hati" kami terus dan terus berupaya untuk melakukan perbaikan, pengembangan Sarana dan Prasarana, serta meningkatkan Mutu Pelayanan. Semoga dapat terus berinovasi dan berkembang dalam memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat di Kab. Sambas" ujar direktur RSUD Pemangkat dr.Achmad Hardin,Sp.PD, FINASIM dalam kata sambutannya.